Monday, November 7, 2016

Budidaya gurami

            Halo sobat postingan kali ini saya akan masih akan membahas budidaya ikan air tawar yakni ikan budiaya ikan gurami. Sebagaimana yang sudah bahas dalam postingan saya sebelumnya gurami merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak dibudidayakan. Nah untuk lebih lengkapnya saya akan membahasnya dalam postingan kali ini. Langsung saja sobat simak postingan saya kali ini.

1.    Habitat (kolam)
Habitat ikan gurami sama hal-nya dengan ikan lele, yakni di air tawar dan dapat pula hidup didaerah air yang sedikit berlumpur. Kolam yang biasa digunakan pun juga sama dengan kolam yang banyak digunakan untuk ikan lele. Yakni kolam beton (tembok), kolam tanah liat dan juga kolam terpal. Akan tetapi saya kurang menyarankan untuk kolam terpal karena kolam terpal cukup riskan apabila dibuat ternak ikan gurami, hal ini disebabkan karena ikan gurami memiliki gigi yang cukup tajam dan bisa membuat terpal berlubang dalam jangka waktu yang cukup lama.
2.    Makanan
Untuk makanan sendiri ikan gurami juga sama dengan sebagian besar ikan lain yakni pelet sebagai makanan utamanya, namun untuk makanan penunjang ikan gurami ini memiliki sedikit perbedaan yakni dedaunan seperti daun kates, sawi serta cacing. Ikan gurami ini tidak bisa diberi makan dari ayam tiren dan juga bekichot. Ikan ini juga tidak serakus ikan lele, selain itu ikan gurami juga tidak memiliki sifat kanibal layaknya ikan lele.
3.    Kendala
Setiap usaha apapun pasti memiliki kendalanya sendiri-sendiri. Begitupula dengan usaha ternak ikan gurami ini. Kendala dari budi daya ikan gurami ini adalah harganya yang tidak terlalu stabil. Selain itu kendala lain yang sering dialami peternak adalah adanya penyakit dalam hal ini penyakit yang sering dialami oleh ikan gurami adalah intensitas curah hujan sama halnya dengan ikan lele, akan tetapi ikan gurami ini memiliki sisik yang lebih tebal dari ikan lele oleh karenanya curah hujan ini hanya akan berpengaruh untuk mengurangi nafsu makan ikan ini. Dan yang terjadi adalah ikan ini akan semakin lemas dan akhirnya timbul kematian. Selain itu ikan gurami membutuhkan perawatan yang lebih ekstra untuk kebersihan air kolamnya.

            Sekian dulu sobat untuk postingan saya kali ini. Terus kunjungi blog saya dan nantikan postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment