Monday, November 7, 2016

Perawatan kolam

            Halo sobat pecinta dunia ternak, saya akan melanjutkan postingan saya tentang ikan lele. Kali ini saya akan mebahas cara mempersiapkan kolam lele. Sebagaimana postingan saya kemarin, ada 3 jenis kolam lele yaitu kolam beton, kolam terpal dan juga kolam tanah liat. Nah sekarang saya akan menjelaskan cara mempersiapkan kolam lele ini berikut cara perawatannnya. Oke langsung saja simak postingan saya kali ini.
1.    Fermentasi Kolam
      Kolam lele ini perlu dipersiapkan sebelum diisi oleh bibit ikan lele. Cara mempersiapkan kolam ini cukup mudah yaitu dengan melakukan fermentasi kolam. Walaupun sebenarnya bisa juga tidak difermentasi. Namun fermentasi dalam hal ini akan sangat membantu pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat. Fermentasi kolam  ini dapat dilakukan dengan cara memberikan lapisan kotoran sapi atau kotoran kambing dibagian bawah, setelah itu isikan air kolam dengan ketinggian sekitar 30 cm, setelah kola terisi berikan probiotik ke air kolam sesuai ukuran yang tertera dalam botol, biasanya sesuai luas kolam dan pastikan pemberian probiotik ini dilakukan setelah matahari terbenam hal ini dilakukan karena probiotik merupakaan cairan yang berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri kecil pada kolam. Bakteri-bakteri kecil atau jentik-jentik kecil akan sangat membantu bagi ikan yang masih kecil, karena dengan ini ikan akan mendapatkan makanan yang tersedia langsung di dalam kolam. Setelah proses diatas anda lakukan semua maka diamkanlah kolam selama 14 hari, dan jangan diisi ikan terlebih dahulu karena disinilah akan terjadi fermentasi tersebut.
2.    Cara Menjaga PH Kolam
Cara menjaga ph kolam dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, ph kolam sangat penting untuk dijaga karena dengan menjaga ph kolam ikan akan terhindar dari resiko kematian dan terpapar bibit penyakit. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara mengganti air kolam minimal selama 7 hari sekali. Sirkulasi air ini akan membantu air kolam tetap dalam ph yang bagus sehingga ikan lele juga akan lebih sehat. Selain itu lakukan pemberian EM4 perikanan secara rutin selama 1 bulan sekali. Untuk kolam ukuran 4x2 meter berikan 1 botol EM4 dan untuk kolam yang ada diatas atau di bawah ukuran tersebut tinggal dihitung penurunan atau penambahannya sesuai ukuran kolam ikan lele.

Nah demikianlah sekilas mengenai perawatan air pada kolam ikan lele. Sering-sering berkunjung ke blog saya ya sob…


No comments:

Post a Comment