Monday, October 24, 2016

Kambing dan jenisnya



          Hai sobat pecinta dunia ternak kembali lagi dalam blog saya. Kali ini saya masih akan membahas tentang hewan mamaliah herbivore. Dan bahasan kita kali ini addalah mengenai kambing. Mendengar nama kambing tentu bukanlah hal yang asing bagi kita dikalangan pecinta ternak. Kambing yang banya diminati oleh orang untuk diternak ini memang sangatlah cocok untuk orang Indonesia, selain di Indonesia myoritas penduduknya adalah seorag petani dan peternak, juga karena kondisi alam Indonesia yang kaya akan rerumputan dan juga pepohonan. Sehingga akan sangat memudahkan mayarakat Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan ataupun dataran tinggi. Untuk itu marilah kita simak postingan saya berikut. Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi untuk mengenali kambing lebih detail marilah kita simak jenis-jenis kambing yang sering diternak 
oleh masyarakat Indonesia.

1.   Kambing Kacang

Kambing kacang atau biasa disebut wedhus kacang oleh orang jawa menjadi kambing yang lumayan sering diternak oleh masyarakat kita. Alasannya karena kambing ini dinilai memiliki perwatan yang tidak terlalu rumit, apabila dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

2.   Kambing Gibas

Kambing gibas ini juga menjadi salah satu kambing yang ukup banyak diminati le para peternak di Indonesia. Hanya aja kambing ini banyak diternak hanya karena keperluan akan bulunya yang sering dijadikan bahan pebuatan wol. Kelemahan dari kambing ini adalah dagingngya yang relative kecil dan sedikit. Sehingga para tengkulak daging atau usaha rumah makan yang biasa memanfaatkan daging kambing sebagai bahan dasar olahan makanannya jarang menggunakan daging dari kambing ini.
3.   Kambing Garut

Kambing garut merupakan kambing asli asal daerah Garut jawa Barat. Kambing ini tekenal akan kualitas susu dan juga kekuatan pejantannya, tak jarang kambing ini dijadikan kambing kontes ataupun kambing aduan. Untuk tekstur daging dari kambing ini s sendiri relative lebih a lot dibandingkan dengan kambing-kambing lainnya. Akan tetapi sebagian besar masyarakat Garut mengatakan bahwa daging kambing ini sangat cocok untuk dijdikan olahan makanan, terutama sate kambing.
4.   Kambing Donggala

Satu lagi kambing aduan yang ada di Indonesia yaknni kambing donggala. Kambing donggala sangatlah terkenal dikalangan pecinta kambing kontes dn juga pecinta aduan kambing, kambing ini memiliki perawakan tubuh yang kekar untuk pejantannya dan tanduk yang juga cukup unik, selain itu kambing ini juga biasa digunakan untuk perlombaan balapan kambing.
5.   Kambing Etawa

Merupakan salah satu jenis kambing unggul yang ada di Indonesia. Kambing ini cukup bannyak di ternak oleh para peternak kambing di Indonesia. Hal ini dikarenakan kambing etawa memiliki kualitaas susu yang sangat bagus dan memiliki cukup banyak konsumen. Kambing ini memiliki perawakan yang tidak terlalu besar dan biasanya memiliki tanduk yang cukup kecil.
6.   Kambing gunung

Kambing gunung merupakan salah satu kambing liar dan boleh dibilang kambing ini memiliki tiingkat kesulitan yang sangat tinggi untuk diternak karena pada hakikatnya kambing ini adalah kambing liar sehingga sulit untuk diternak. Selain itu kambing gunung juga masuk kedalam daftar salah satu satwa yang dilindungi. Akan tetapi ada sebagian orang yang percaya bahwa kambing ini memiliki kualitas yang sangat bagus, baik daging, susu maupun kulitnya, selain itu asalkan bisa menjinakkan kambing ini, kambing ini juga bisa untuk dijaddikan kambing aduan maupun kambing kontes.
Nah itu tadi secuil tentang jenis-jenis kambing yang biasa diternak oleh para peternak di Indonesia. Kecuali kambing gunung ya sob karena kambing ini saya masukkan juga kepostingan saya hanya untuk sekedar referensi. Kambing-kambing yang beragam juga disertai kebutuhan para peternak yang beragam pula. Selain itu kambing-kambing diatas juga memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dan bagi para peternak yang menginnginkan beternak kambing eperti ini, saran saya adalah anda harus memperhatikan target apa yang ingin anda capai dengan beternak kambing tersebut dan mangsa pasar apakah yang ingin anda sasar. Apakah itu suu kambing, daging kambing,kambin kontes atauah aduan serta pacuan kambing. Dan itu semua bergantung pada anda masing-masing. Demikianlah postingan saya kali ini semoga dapat memberi manfaat pada sobat-sobat pecinta dunia ternak sekalian.

No comments:

Post a Comment