Thursday, October 6, 2016

syarat peternak handal


Halo sahabat pecintta dunia ternak....


dalam postingan pertama saya ini saya ingin berbicara mengenai dunia peternakan. Bicara mengenai peternakan mungkin bukan hal baru lagi bagi masyarakat indonesia tapi masalahnya apakah yang harus dilakukan untuk menjadi peternak yang profesional, maju dan berdaya saing??
Nah inilah yangakan kita bahas pada postingan pertama saya ini.

1. Pemilihan hewan
      hal ini akan sangat berpengaruh bagi anda hewan apa yang akan anda ternak. karena dengan demikian anda akan mendapat kebutuhan secara spesifik mengenai hewan yang akan anda ternak, baik itu habitat atau tempat hidup yang cocok dengan si hewan, cara makan hewan tersebut, makanan yang ia butuhkan, dsb.
2. Pemilihan Tempat Hidup


      Tempatpat hidup  ini juga sangat penting sob soalnya masing-masing hewan itu memiliki habitat yang berbeda-beda. bayangkan jika anda tidak mengetahui hal ini bisa jadi hewan yang anda ternak mudah stres atau bahkan kemungkinan terburuk hewan anda akan mati, dan tentu saja itu akan berimbas dengan kegagalan usaha anda.


3.  Alat-Alat penunjang
    
    Dunia ini sudah modern sob..!!! so... jangan hanya menjadi seorang peternak tradisional lengkapi usaha ternak anda dengan mesin-mesin atau alat-alat penunjang yang berhubungan dengan usaha anda karena hal itu akan sangat membantu sob. anda akan mendapat berbagai kemudahan contoh dalam dunia ternak sapi perah sekarang sudah ada mesin peras dan mesin pencacah rumput dengan dua lat ini sudah dua pekerjaan anda yang terbantu sob. bagaimana jadinya kalo alat-alat anda lengkap pasti tren dunia peternakan adalah dunia yang penuh kesengsaraan akan seger sirna.
4. Anatomi Tubuh Hewan Ternak
            Mengetahui hal ini akan sangat penting bagi seorang peternak denan mempelajari anatomi tubuh hewan yang kita ternak kita akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan hewan ternak kita dan bagaimanakah mekanisme kerja system pencernaan hewan tersebut sehingga saat kita memberinya makanan akan tepat sasaran sesuai dengan gizi dan kebutuhan hewan tersebut.
5. Kebutuhan Makan
            Setelah kita mengetahui anatomi tubuh dari hewan ternak kita, maka penting bagi kita untuk mengetahui kebutuhan makan dan juga gizi bagi hewan ternak kita berapa kali hewan ternak kita makan dan apa saja yang mereka butuhkan guna meningkatka produktifitasnya.
6. Kebersihan
            Hal ini juga menjadi salah atu hal yang cukup fital dalam berternak apapun dan usaha apapun. karena dengan selalu menjaga kebersihan, khususnya adalah kebersihan tempat tinggal si hewan dan juga tempat tinggal si hewan akan menjadikan langkah preventif awal untuk mencegah bakteri-bakkteri atau virus-virus yang merugikan bagi ternak yang mungkin menyebabkan suatu penyakit.
7. Pemasaran
            Dan yang terakhir adalah pemasaran atau mangsa pasar dari hewan yang kita ternak. Karena pada hakikatnya kita beternak bukan hanya untuk membudidayakan semata tapi juga untuk mencari keuntungan oleh karena itu kita juga harus membaca bagaimana harga produk dari ternak kita di pasaran apa sedang naik atau sedang jatuh. Dengan demikian kita akan sedikit terhindar dari kerugian yang besar.




No comments:

Post a Comment