Sunday, October 30, 2016

Macam Budidaya Ikan

            Halo sobat pecinta dunia ternak, setelah kemarin kita membahas cara beserta kendala berternak hewan mamalia (sapi, kambing, kuda dan kerbau) kini saya akan memngulas tata cara berternak ikan. Ikan merupakan salah atu sumber pangan utama bagi manusia, pengonsumsinyapun sekarang ini semakin bertambah seiring dengan tumbuhnya tingkat kesdarana masyarkat akan pola hidup sehat. Sebagaiman yang kita ketahui bersama ikan memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita selain mengandung protein daging ikan juga megandung omega 6. Nah untuk ikan sendiri yang biasa diternak ada banyak sekali jenis. Akan tetapi ada 2 kelompok besar ikan yang biasa diternak, yaitu ikan air payau (asin) dan juga air tawar. Berikut adalah jenis-jenis  ikan tersebut.
1.    Ikan Air Tawar
a.    Ikan lele

Lele merupakan jenis salah satu ikan air tawar yang sering dan banyak dibudidayakan. Ikan ini bisa hidup di air tawar dan juga bisa hidup diair yang sedikit berlumpur ikan ini memiliki tabiat yang sangat rakus bahkan juga bisa bersifata kanibal pada sesamanya.
b.    Ikan gurami


Gurami merupakan salah satu komoditi ikan air tawar yang juga banyak dibudidayakan. Ikan ini sangat banyak dimanfaatkan untuk rumah makan. Habitat ikan ini pun juga tidak jauh beda dengan ikan lele dan bisa juga hidup di air yang sedikit berlumpur.
c.    Ikan Gabus

Ikan gabus, merupakan ikan yang memiliki nilai jual yang cukup lumayan tinggi di dunia kuliner. Akan tetapi pada dasarnya ikan ini tidak hidup di air melainkan hanya hidup di dalam lumpur. Ikan ini juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.
d.    Ikan Koi

Ikan koi, merupakan ikan yang sebenarnya bukan ikan asli dari Indonesia ikan merupakan ikan asli dari Negara China. Ikan ini dipercaya oleh orang China bisa membawa kebruntungan atau hoki. Ikan ini tergolong ikan hias walaupun ikan ini sebenarnya juga bisa diolah akan tetapi sangat jarang yang mengolah ikan jenis ini. Ikan koi merupakan ikan yang biasa hidup di air tawar yang jernih, dan ikan sangat menyukai air jernih yang mengalir.
e.    Ikan Nila

Ikan nila, merupakan ikan yang memiliki bentuk seperti ikan gurami akan tetapi ikan ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dari ikan gurami. Ikan ini juga merupakan salah satu jenis ikan kuliner yang ada dinegara kita. Akan tetapi ikan ini memiliki jummlah pembudidaya yang tidak terlalu banyak.
                        d. Ikan Belut (Sidat)

                                    Belut dan sidat adalah jenis ikan dari spesies yang sama hanya saja untuk belut banyak kita jumpai di lumpur sawah. Sedangkan sidat biasa hidup di daerah aliran sungai. Keduanya pun memiliki perawakan yang berbeda. Untuk belut kulitnya cenderung lebih gelap dan terkesan lebih hitam sementara untuk sidat kulitnya lebih terlihat terang kekuning-kuningan.
e.    Udang

udang merupakan salah satu komoditi budidaya ikanyang cukup laris dan banyak dibudidayakan oleh para peternak. Olahan udang sendiri banyak kita jumpai diberbai rumah makan hingga hotel-hotel mewah. Udang yang banyak dibudidayakan adalah jenis udang rebon dan juga udang lobster.
2.    Ikan Hias

Selain komoditas ikan air tawar adapula, ikan hias yang cukup banyak dibudidayakan. Akan tetapi ikan hias ini tidak memiliki nilai bisnis yang menjanjikan dan hanya untuk sekedar hobi adapun ikan-ikan ini antara lain adalah : ikan lohan, ikan cupan, ikan pemebersih kaca, ikan hiu air tawar dan masih banyak lagi ikan hias yang lain.
3.    Ikan Air Payau (asin)
Ikan air payau adalah ikan yang dibudidayakan dalam konsep karamba di daerah pantai atau laut. Ikan-ikan ini antara lain adalah. Akan tetapi sangat sedikit ikan yang bisa dibudidayakan dalam konsep ini. Di antara lain adalaha sebagai berikut.
a.    Ikan Kakap

Ikan kakap merupakan ikan yang bisa digunakan untuk beberapa olahan bahan makanan. Ikan inipun memiliki bebrapa jenis dan jenis yang paling unggul adalah jenis ikan kakap merah.
b.    Ikan Tongkol

Ikan ini merupakan jenis ikan yang sebenarnya cukup sulit untuk diternak akan tetapi sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk berternak ikan ini. Hanya saja kesulitan yang sering kali dihadapi adalah membuat ikan tongkol ini betah dan nyaman berada dikaramba, sebagaiamana ikan air payau lainnya yang sebagian besar berkespedesi. Begitupula ikan tongkol ini ikan juga cukup sering berkespedisi dengan koloninya dalam jumlah yang cukup besar.

            Nah demikianlah sobat untuk postingan saya kali ini dan tunggu postingan saya selanjutnya. Dipostingan saya selanjutnya saya akan mengulas lebih spesifik lagi mengenai cara berternak dari masing-masing ikan di atas. So jangan pernah bosan untuk terus berkunjung ke blog saya.


1 comment: