Monday, October 24, 2016

Proses Beranak



            Halo para pecinta dunia ternak kali ini saya akan melanjutkan bahasan saya, masih tentang kambing. Kali ini saya akan mengulas cara yang tepat untuk mengatasi proses kelahiran pada kambing dan bagaimana penganan yang tepat. Nah berikut ulasan saya.

            Kambing merupakan hewan mamalia dan proses kelahirannya dilakukan dengan cara beranak. Satu ekor kambinng biasanya akan memiliki dua ekor anakan sekaligus dalam rahimnya, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk memiliki lebih atau kurang dari 2 (dua) ekor dalam rahimnya. Proses beranak kambing sedikit lebih mudah daripada proses beranak sapi hal ini disebabkan karena ukuran anakan kambing yang relative sangat kecil selain itu anakan kambing. Dan apa saja yang harus kita siapkan untuk membantu proses ini.
1.    Perhatikan Posisi
Memperhatikan posisi sang induk akan sangat penting dalam membantu proses bersalin sama halnya dengan proses bersalin pada indukan sapi perah pada kambing pun berlaku hal yang sama. Dengan memperhatikan posisi indukan ini maka kita akan tahu cara apa yang seharusnya kita berikan untuk membantu proses beranak ini. Akan tetapi kebanyakan kambing beranak dengan cara berdiri walaupun ada beberpa jenis kambing yang beranak dengan posisi tertidur.

2.    Air hangat

Kambing biasanya akan sangat mudah terangsang pada saat proses ini berlangsung. Sehingga kita harus tetap menjaga kenyaman dari kambing ini sendiri. Nah air hagat salah satunya dengan mengusapkan air hangat ketubuhnya akan membantu proses ini lebih lancer. Caranya adalah celupkan kain ke air hangat, kemudian basuhkan di daerah leher dan juga kaki-kaki kambing. Lakukan hal yang sama pada anakan kambing karena hal tersebut akan merangsang sel-sel pada diri kambing untuk segera pulih. Caranya adalah basuh dulu dengan kain kering tubuh anakan kambing yang baru lahir, hal ini bertujuan untuk menghilangkan lender-lendir yang ada pada anakan kambing utamanya hilangkan dulu yang berada di daerah moncong atau sekitar hidungnya, sehingga anakan kambing akan mudah untuk bernafas. Kemudian basuhkan air hangat ke sekujur tubuhnya secara berulang-ulang.

3.    Persiapkan Tempat

Hal ini akan sangat penting karena penting bagi anakan kambing yang baru dilahirkan untuk segera mendapatkan tempat yang aman. Sehingga anakan kambing ini bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Idealnya lakukan hal ini (proses penyiapan Kandang) minimal satu bulan sebelumnya buatalah kandang yang khusus. Lapisilah bagian alas dengan menggunakan rerumputan yang sudah tidak layak konsumsi. Dan buatlah atapnya dari asbes gelombang selbihnya sama dengan yang sudah saya postingkan pada postingan sebelumnya mengenai jenis kandang. Pembuatan kandang seperti ini bertujuan untuk memberikan suhu yang hangat pada anakan kambing yang baru saja dilahirkan, karena anakan kambing yang baru dilahirkan tidak memiliki suhu tubuh setinggi indukannya. Sehingga suhu tempat hidupnya haruslah diperhatikan juga.

Nah demikian lah postingan kali ini semoga dapat bermanfaat buat sobat semua dan selalu bisa dijadikan referensi buat saya dan juga sobat semua.sss

No comments:

Post a Comment