Tuesday, October 11, 2016

macam-macam ternak

 Macam-Macam Ternak
            Berbicara mengenai macam-macam ternak ada banyak sekali memang jenis ternak yang ada di Negara kita. Akan tetapi disini saya hanya akan membahas ternak yang lazim dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan ada juga ternak yang sedikit nyeleneh atau langka bagi orang Indonesia, tapi jangan salah.., disni saya  tidak akan membahas ternak hewan liar, karena ternak hewan liar dan juga satwa dilindungi tidak diperbolehkan dan melanggar undang-undang negara. So.. jangan pernah beternak hewan liar dan juga satwa dilindungi ya sob.. . Oke langsung saja kita simak ternak apa saja yang lazim ada di Negara kita :
1. Ternak herbivore kaki 4
            Ternak ini mungkin adalah ternak yang paing familiar dan paling banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia mulai dari Sapi, Kerbau, kambing, kuda. Pasalnya kondisi lam Indonesia yang kaya akan rerumputan hijau membuat masyarakat kebanyakan memilih untuk berternak hewan-hewan ini. Selain itu alasan mereka untuk beternak macam ini juga beragam mulai dari keuntungan, factor daerah atau hanya karena warisan.
   2.  Ternak Unggas
Ternak unggas merupakan salah satu ternak yang cukup banyak dilakukan mulai dari yang berskala kecil hingga skala besar. Unggas merupakan spesies yang termasuk kedalam bangsa aves (burung). Di Indonesia sendiri ungags yang paling banyak di ternak adalah ayam, akan tetapi juga ada masyarakat yang beternak bebek, angsa, dan juga berbagi jenis burung (mulai dari burung dara, kenari, hingga yang mahal seperti burung murai). Dan usaha unggas ini menurut beberapa peternak juga cukup membawa keuntungan, akan tetapi juga tidak sedikit peternak yang gagal dalam melakukan usaha ini.
    3.  Ternak ikan (tambak)
Salah satu ternak yang cukup popular dikalangan masarakat Indonesia adalah ternak ikan. Ikan merupakan salah satu hewan yang dapat dibudidayakan baik dlam sekala kecil maupun besar. Dan cara pembudidayaan dari hewan ini juga beragam, mulai dari karamba, kolam tanah, kolam terpal, hingga kolam bata. Alasan beternak ikan pun beragam mulai dari perawatannya yang tidak teralu sempit, dapat dijadikan pekerjaan sampingan dan lain sebagainya.
   4. Ternak unik
Bahasan yang satu ini khusus untuk membahas ternak-ternak yang tak lazim dan sangat jarang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Lazimnya hewan ini diternak untuk keperluan tertentu misalnya untuk pengobatan dsb. Akan tetapi menurut saya sob.. hewan-hewan ini cepat pudar dari pasaran dikarenakan mangsa pasarnya yan tidak menentu dan kebanyakan dari petani hanya beternak berdasarkan rasa ingin tahu, mengikuti tren, atau hanya sekedar iseng
Nah itu tadi ulasan saya mengenai jenis-jenis ternak yang laim bekembang di Indonesia. Nantikan ulasan-ulasan menarik lagi dari blog saya , dan itu masih akan membahas tentang dunia ternak. Jadi jangan pernah bosen ya sob.. untuk berkunjung ke blog saya…


No comments:

Post a Comment