Monday, October 24, 2016

Macam Penyakit Pada Sapi



            Halo sahabat pecinta dunia ternak semuanya. Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan postingan saya, setelah cukup lama vakum. Yang akan saya bahas dalam hal ini adalah beberapa penyait yang biasanya menyerang sapi atau sapi perah pada khususnya. Langsung saja simak postingan saya berikut ini.

1.      Sapi Gila
Sapi gila bukanlah penyakit baru dalam duni peternakan khususnya dunia ternak sapi. Penyakit ini pada mulanya dibawa oleh sapi impor yang didatangkan dari luar negeri. Adapun ciri-ciri sapi yang terserang penyakit ini adalah : keluar lendir dari hidung dan juga mulut, sapi cenderung tidak tenang dan bertingkah diluar kebiasaan sapi pada umumnya. Cara menanggulangi penyakit ini adalah dengan cara melakukan vaksin. Dan pemvaksinan yang benar hanya dapat dilakuakan oleh mantri atau dokter hewan.

2.      Patah Tulang
Gejala yang satu ini bukanlah tergolong sebagai sebuah penyakit, akan tetapi masalah ini cukup sering menyerang sapi perah, perlu diketahui bersama bahwa sapi perah merupakan sapi yang memiliki tulang cukup rawan. Oleh karenanya patah tulang ini mudah sekali menyerang sapi perah, biasanya patah tulang ini terjadi pada anakan sapi perah dan juga indukan yang sedang mengandung. Adapun penyebabnya adalah karena kurang terjaganya kebersihan dari kandang sapi tersebut, sehingga kandang akan terasa licin. Dan akibatnya membuat sapi mudah jatuh sampai berakibat fatal yaitu patah tulang.

3.      Matitis (Susu Darah)
Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup gawat dan tergolong langka bagi sapi perah dan hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang tepat untuk mengatasinya. Penyakit mastitis merupakan penyakit yang menyebabkan tidak berfungsinya kelenjar susu atau dengan kata lain terinfeksinya kelenjar susu  sehingga yang keluar dari putting susu sapi bukanlah susu lagi melainkan darah. Adapun penyebab dari penyakit ini bergam, mulai dari kurang bersihnya peternak pada saat hendak memerah susu, penggunaan alat-alat yang kurang steril, hingga teknik memerah susu sapi yang teralalu kasar.

4.      Penyakit Kulit
Sapi perah juga bisa mengalami penyakit kulit pada bagian kulit manapun adapun bagian yang paling sering diserang oleh penyakit kulit adalah bagian kulit diatas leher, bagian kulit dibawah mata. Penyebab dari penyakit  ini adalah lagi-lagi kurang terjaganya kebersihan. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan cara menjaga kebersihan dari tubuh sapi yaitu dengan memandikan sapi rutin 2 kali dalam sehari, penyakit ini juga bisa diobati dengan air gamping akan tetapi untuk kulit yang berada disekitar bagian mata saya sarankan untuk menggunakan obat yang lebih khusus agar tidak membahayakan mata dari sapi tersebut.


5.      Penyakit pencernaan
Ada beragam penyakit pencernaan diantaranyaa adalah penyakit diare dan juga kembung. Adapun penyebab dan juga cara mengatasi peyakit ini adalah sebagai berikut :

a.      Diare
Penyakit ini pada sapi disebabkan oleh pemberian pangan yang kurang tepat. Biasanya sapi yang mengalami penyakit ini karena pemberian rerumputan hijau yang masih terlalu muda. Hal ini dipicu kandungan serat yang masih terlalu rendah pada rerumputan hijau yang terlalu muda untuk dikonsumsi oleh sapi.
b.      Kembung
Penyakit ini diakibatkan oleh sapi yang terlalu banyak minum akan teteapi kurag pemberian rerumputan hijau. Bisanya yang paling sering terkena peyakit ini adalah anakan sapi. Cara penanggulan dari penyakit ini adalah dengan mengontrol pemberian air yang cukup dan tidak berlebihan.
           
            Demikianlah pembahasan kita mengenai sapi perah dan sekali lagi yang terpenting dari semua aspek perawatan pada sapi perah adalah “KEBERSIHAN”. Demikianlah postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa koreksinya ya.., tolong dikomen….





















No comments:

Post a Comment