Thursday, October 27, 2016

Penyakit Beserta Obat Tradisiional



            Halo para pecinta dunia ternak sekalian kembali bersama saya dengan postingan saya yang terbaru, kali ini masih berbicara masalah kambing. Kini saya akan membahas beberapa penyakit yang perlu diketahui oleh para peternak sekalian dan apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasai penyakit ini. Nah langsung saja sobat simak postingan saya berikut ini.

1.      Penyakit Antraks

Pada umumnya penyakit ini cukup sering menyerang hewan ternak akan tetapi penyakit ini lebih sering menyerang kambing. Hal ini dikarenakan karena siklus hidup kambing yang relative lebih mudah untuk diserang oleh penyakit ini. Selain itu penyakit ini mampu menular kemanusia. Adapun untuk pengobatannya sejauh ini hanya dilakukan vaksin saja, yang lebih spesiffik untuk mencegah bukan mengobati. Selain dengan cara vaksin langkah preventif lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan hidup kambing sendiri. Baik itu dari tubuhnya, dari makanan dan juga kandangnya. Hal ini akan sediit mengurangi resiko terjangkit penyakit baik itu berupa antraks atau bukan.
2.      Penyakit Kembung

Kembung atau begah juga bisa diderita oleh hewan bukan hanya oleh manusia. Akan tetapi kambing lebih rentan dengan penyakit ini bila dibandingkan dengan hewan yang lainnya. Adapun penyebab dari penyakit ini adalah jarak tempuh yang dilalui kambing saat berada didalam kendaraan, selain itu kambing yang diangkut menggunakan sepeda akan memperbesar resiko timbulnya penyakit ini. Penyebab lain dari penyakit ini adalah kambing melakukan perjalan dalam kondisi perut yang kurang terisi ataupun dalam kondisi kebanyakan minum. Langkah yang bisa dilakukan peternak adalah memberikan kambing minuman atau air hangat selepas melakukan perjalanan panjang.
3.      Penyakit kulit


Peyakit ini juga timbul karena kurang terjaganya kebersihan dari lingkungan dan utamanya tubuh kambing itu sendiri. Biasanya tanda-tanda dari kambing yang terserang penyakit ini adalah timbulnya bintik-bintik kehitaman pada kulit kambing. Selain itu bulu-bulu kambing pada bagian ini akan lebih cepat rontok.
            Adapun beberapa obat-obatan atau tanaman-tanaman yang bisa dijadikan penawar atau pencegah adalah sebagai berikut :
1.      Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat-obatan tradisional yang khasiatnya cukup terbukti efektif. Kunyit biasanya digunakan sebagai antibiotic atau antiseptic, hal ini bukan tanpa alasan karena kunyit mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk antibiotic.
2.      Jahe

Selain kunyit adapula jahe, untuk hewan ternak jahe biasanya digunakann untuk mengobati penyakit kembung dan menghangatkan tubuh hewan ternak saat terjadi cuaca ekstrim
3.      Puyang


Puyang mungkin cukup asing ditelinga tapi jangan salah hasiat dari puyang ini juga cuku terbukti ampuh. Puyang digunakan untuk mentralisir segala gangguan yang berhubungan dengan penyakit atau masalah pencernaan.
4.      Air Gamping


Rendaman air gamping juga bisa kita gunakan untuk obat tradisional pada ternak salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit kulit
          
  Nah demikianlah ulasan saya kali ini semoga dapat bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi, dan bahan-bahan obat-oabtan diatas bukan hanya bisa di aplikasi pada kambing tapi jug bisa diaplikasikan pada sapi. Bila ada kekurangan dalam postingan saya mohon untuk dikoreksi guna lebih baiknya postingan saya kedepannya.

No comments:

Post a Comment