Thursday, October 27, 2016

Perawatan Kuda

            Halo sobat pecinta dunia ternak kembali lagi dalam blog saya. Kali ini saya akan mengulas masalah ternak kuda. Nah seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ternak kuda memiliki peminat yang cukup banyak di Negara kita akan tetapi ternak ini memiliki beberapa kesulitan. Untuk lebih jelasnya mari kita ungkap dan ulas cara berternak kuda ini.

1.    Makan

Untuk makanan sendiri kuda hanya makan rerumputan kering. Rumput ni pun adalah rumput yang sudah di cuci lebih dulu dengan air dan kemudian dikeringkan. Pada dasarnya kuda lebih senang diberi makan dengan cara disuapi oleh si pemilik hal ini sangat berbeda apabila dibandingkan dengan sapi maupun kambing. Selain itu kuda hanya makan rerumputan hijau yang sudah dikeringkan berbeda dengan sapi dan kambing yang bisa diberikan makanan penunjang adapun dari kuda sendiri sebenarnya bisa diberikan makan penunjang ataupun sampingan akan tetapi apabila hal ini terlalu sering dilakukan akan berakibat pada turunnya berat atau bobot dari kuda ini sendiri.
2.    Minuman


Kuda adalah hewan yang cukup membutuhkan asupan air yang banyak, hal ini dikarenakan kuda termasuk hewan berdarah panas selain itu kuda juga termasuk hewan yang memiliki metabolism tubuh yang cepat sehingga jumlah air yang dikonsumsi akan sangat menentukan bagi seekor kuda. Kuda membutuhkan air segar akan tetapi ada kalanya kuda membutuhkan air hangat untuk diminum, dan saat yang tepat untuk memberikan minuman air hangat pada kuda adalah saat kuda mengalami kebuntingan dan saat terjadi cuaca ekstrim utamanya pada saat pagi hari.
3.    Kebersihan
Sebagaimana berternak kambing dan sapi kebersihan dalam berternak apapun menjadi harga yang mutlak harus dijaga. Pun demikian dengan berternak kuda ini. Mulai dari tempat dan juga makanan yang diberikan kepada kuda haruslah memenuhi syarat kebersihan ini.
4.    Kandang 
 

Untuk model dan penataan kandang sendiri ada berbagai model untuk ini akan tetapi untuk para peternak yang berada didaerah jawa saya sarankan untuk menggunakan model kandang dengan bahan tiang kayu yang kuat dan kokoh dan untuk alas sendiri gunakanlah papan-papan kayu karena kuda sangat menyukai tempat yag kering dan bukan tempat yang lembab.
5.    Kelahiran

Untuk proses kelahiran ini sendiri tidak jauh beda dengan proses kelahiran pada sapi dan kambing karena kuda termasuk hewan mamalia yang juga melahirkan dengan cara beranak. Untuk proses dan bantuan yang bisa diberikan pada saat beranak adalah dengan membantu untuk menarik anakan keluar dari induk, proses inipun juga tidak boleh dilakukan dengan asal karena akan sangat berbahaya bagi induk maupun anakan. Cara yang tepat adalah dengan memperhatikan dan menyesuaikan tarikan dengan posisi dan nafas si induk.
           
 Nah demikianlah postingan saya kali ini semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita. Kritik dan saran saudara sangat saya butuhkan guna membantu lebih baiknya blog saya.


4 comments: